Langkah-Langkah Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polwiltabes Bandung

Catatan ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, bukan salinan petunjuk resmi yang dikeluarkan oleh Polwiltabes Bandung. Papan petunjuk “Penyelesaian SIM” yang ditempel di beberapa titik di sekitar kantor pelayanan SIM sedikit berbeda dengan prakteknya. Catatan ini juga hanya berlaku untuk perpanjangan SIM A dan C. Saya tidak tahu pasti, mungkin ada syarat tambahan dan perbedaan biaya untuk perpanjangan SIM lainnya (A Umum, A Khusus, B I, B I Umum, B II, dan D).

Syarat-syarat perpanjangan SIM:

1. SIM asli
2. KTP asli
3. Fotokopi KTP (1 lembar)

Beberapa hal yang lebih baik dipersiapkan:

1. Pulpen
2. Uang pas
a. Rp 20.000 untuk tes kesehatan
b. Rp 2.000 untuk map
c. Rp 15.000 untuk asuransi
d. Rp 60.000 untuk administrasi SIM
——

Langkah Ke-1: Tes kesehatan
Ruangannya tepat di depan kantor pelayanan SIM. Ambil kartu antrian, siapkan fotokopi KTP, dan tunggu sampai nama Anda dipanggil. Sambil menunggu Anda bisa menimbang dan mengukur tinggi badan dengan alat yang telah disediakan. Ada permen dan air mineral juga :D . Kondisi kesehatan yang diperiksa hanya tekanan darah dan penglihatan. Setelah selesai diperiksa, fotokopi KTP diambil kembali, petugas akan memberikan selembar kertas. Biayanya Rp 20.000.

Langkah Ke-2: Pembayaran asuransi di Loket 8

Loket 8 terletak di bangunan bagian belakang, melewati lapangan tempat tes praktek. Sambil menuju Loket 8, beli map di warung yang ada di depan lapangan, harga Rp 2.000. Masukkan hasil tes kesehatan, fotokopi KTP, SIM asli, dan KTP asli ke dalam map. Di Loket 8 sistem antriannya ga jelas, map diletakkan begitu saja di depan petugas loket. Tongkrongin terus mapnya sampai diperiksa oleh petugas. Jika tidak ada masalah, map akan diserahkan kembali dengan tambahan di dalamnya formulir asuransi (tidak perlu diisi). Biayanya Rp 15.000.

Langkah Ke-3: Pendaftaran di Loket 1
Loket 1 berdampingan dengan Loket 8. Sama seperti tadi, antriannya ga jelas, simpan saja mapnya di depan petugas. Tunggu sampai diperiksa. Jika tidak bermasalah, map akan diproses dan petugas akan menyuruh Anda untuk antri di loket pembayaran administrasi SIM. Di Loket 1 tidak ada pungutan biaya.

Langkah Ke-4: Pembayaran administrasi SIM di Loket BIAMIN SIM
Di loket ini, Anda tinggal duduk dan menunggu nama Anda dipanggil. Untuk perpanjangan SIM biayanya Rp 60.000. Simpan bukti pembayarannya.

Langkah Ke-5: Pengisian bio data di Loket 2
Dari Loket BIAMIN SIM langsung menuju ke Loket 2 yang terletak di belakang Loket 1 dan Loket 8. Loket 2 lebih tepatnya ruangan tempat tes teori. Di sini Anda duduk menunggu map yang tadi diproses di Loket 1. Petugas akan memanggil nama Anda dan menyerahkan map Anda disertai dengan formulir bio data yang harus Anda isi. Formulir isiannya memang sedikit membingungkan. Tak heran banyak yang mengerutkan kening di ruangan ini. Setelah selesai Anda isi, serahkan mapnya kepada petugas. Sebelumnya, ambil KTP asli Anda. Di ruangan ini tidak dipungut biaya.

Tips: Kalau Anda lupa membawa pulpen, duduklah di sebelah orang yang sedang mengisi formulir dan tampak kesulitan mengisinya. Besar kemungkinan dia akan bertanya, bantulah dengan ikhlas. Setelah selesai, besar kemungkinan juga dia akan menawarkan pulpennya kepada Anda. Well, that’s happened to me. :mrgreen:

Langkah Ke-6: Pemotretan di Loket 6
Loket 6 terletak di bangunan bagian depan yang bersebelahan dengan ruang tes kesehatan. Kalau antriannya cukup panjang —dan saya yakin pasti panjang— lebih baik Anda cari kamar kecil untuk merapikan rambut dan pakaian Anda. Nyesel juga kan kalo muka Anda di SIM yang berlaku untuk 5 tahun ke depan ga karuan?
Setelah dipanggil ke ruang pemotretan, buatlah spesimen tanda tangan Anda di kertas yang telah disediakan, terima berkas dari petugas kemudian tunggu giliran untuk dipotret. Sebelum memotret, petugas akan mengecek (atau lebih tepatnya membacakan) nama dan alamat Anda yang akan tertera di SIM. Bila terjadi kesalahan Anda dapat mengoreksinya. Setelah datanya dipastikan benar, lihat kamera dan… SMILE! :mrgreen:

Langkah Ke-7: Pengambilan SIM di Loket 7
Loket 7 berada di dalam bangunan yang sama dengan Loket 6. Di depan loket ini Anda bisa duduk dengan leluasa karena antriannya paling sedikit dibandingkan dengan loket-loket sebelumnya. Tunggu nama Anda dipanggil dan terimalah SIM baru Anda dengan senyum kepuasan. :D

——

Dari langkah-langkah di atas, total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 97.000. Waktu yang saya habiskan kira-kira 1 jam 20 menit.

——

Jadwal Pelayanan SIM di Polwiltabes Bandung

Senin s.d. Kamis: 09.00 s.d. 11.30 WIB
Jumat s.d. Sabtu: 09.00 s.d. 10.30 WIB

About these ads

13 Comments on “Langkah-Langkah Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polwiltabes Bandung”

  1. hakimtea says:

    SIM saya habis bulan 4, 2010, masih ada 2 tahun lagi untuk mempelajari pengalaman kang Supta. Makasih kang! Sudah siap2 selama 2 tahun sebelum hari H terjadi… :-D

    Tapi 2 tahun kedepan masih samakah?

  2. supta says:

    @hakimtea: habis bulan 4 kang? wah, berarti kita sama-sama lahir di bulan April dong ya… *trus napa?* :mrgreen:

    mudah-mudahan 2 tahun lagi pelayanannya bisa lebih baik lagi, mungkin bisa ada “Perpanjangan SIM Drive Thru” seperti “Pelayanan STNK Drive Thru” :D

  3. ihsan says:

    heuheu…
    ari baheula naha urang bisa lolos ti tes kesehatan jeung asuransi nya? teu mayar 2nana… :D
    kuduna nu di mobil sim keliling di cek deui, sabarahaeun totalna mun dibandingkeun jeung di polwiltabes.

  4. machmoey says:

    Tembak aja, tembak..
    hajar bleh..hajar…

  5. awie says:

    ari telat perpanjang didenda teu ?

  6. supta says:

    @awie: pasti didenda atuh kang.

  7. Hendrik says:

    Hari ini tanggal 16 Juni 2008 saya perpanjang SIM A dan C
    Ada beberapa perubahan harga tuh

    – Kesehatan Rp 20.000,-
    – Asuransi Rp 30.000,- *
    – Perpanjangan Rp 60.000 / SIM
    – Tidak perlu lagi beli map *

    Telat 1/2 bulan engga kena denda

  8. supta says:

    @Hendrik: makasih buat update informasinya.

  9. jose says:

    telat satu bulan gimana???bisa perpanjang apa buat baru

  10. jose says:

    telat 2 bulan bisa perpanjang gak?

  11. David says:

    1.Pak mau tanya kalau mau perpanjang SIM A di Jakarta tapi SIM saya terdahulu di Kota Palembang. bisa nga perpanjang di jakarta???

    2.KTP saya saat ini adalah KTP Sementara karena di daerah saya mau di pakai sistem E ktp jadi blanko untuk KTP sekarang sudah tidak ada lagi.
    apakah bisa saya memperpanjang SIM A

  12. hata says:

    kayanya susah amat ngurus sim.
    kenapa antrian kok gak jelas

  13. wira says:

    telat 2 thn bisa perpanjang ga yah..???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.